Tiket Menuju Golden Medal INFOMATRIX 2013

Tuhan yang maha kuasa senantiasa mencukupi yang menjadi kebutuhan setiap hamba-Nya. Karena kesombongan manusia lah yang sering lalai akan nikmat Tuhan yang tak pernah putus hingga akhir hayat. Melalui tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman kepada orang lain yang ingin dan membutuhkan informasi untuk dapat keluar negeri, utamanya di negara Eropa.


Awarding ceremony of Infomatrix 2013

Tepatnya tanggal 29 April 2013 saya datang ke daerah Menteng, Jakarta untuk mengurus visa. Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara yang isinya memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Sebalumnya saya melakukan komunikasi via e-mail, facebook, twitter, google, blog, dan telepon untuk mendapatkan informasi tentang visa untuk negara tujuan saya bertugas, yaiatu Romania. Dari informasi yang saya peroleh secara resmi dari e-mail Kedutaan besar Romania di Indonesia, syarat untuk mengurus visa adalah sebagai berikut:
  1. Surat undangan resmi yang keluarkan oleh institusi/intansi yang akan dituju, dari Romania.
  2. Paspor yang masih berlaku paling tidak 9 bulan.
  3. Foto kopi halaman pertama paspor yang masih berlaku.
  4. 2 lembar foto ukuran 3 X 4 dengan latar belakang putih.
  5. Mengisi formulir dengan huruf Capital.
  6. Bukti transaksi di rekening tabungan dengan minimal saldo setara 50 Euro per hari selama tinggal di Romania tetapi tidak melebihi 500 Euro.
  7. Tiket penerbangan pulang pergi.
  8. Bukti akomodasi dan foto kopi.
  9. Asuransi perjalanan dan kesehatan yang berlaku di negara Romania dengan minimal nilai klaim sebesar 30.000 Euro.
  10. Membayar biaya visa sebesar USD 90 untuk visa jangka pendek.
Setelah semua persyaratan terpenuhi, semua aplikasi tersebut dikirimkan langsung ke kantor kedutaan besar Romania yang ada di Menteng, Jakarta, dengan jam kerja mereka adalah setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat jam 09:00-12:00 WIB.

Saya sempat was-was karena ada pemberitahuan yang tidak pasti tentang visa tersebut. Karena tanggal 14 Mei saya dan kedua siswa saya harus berangkat ke Bucharest, Romania untuk mengikuti Infomatrix 2013. Sebuah lomba penelitian informatika tingkat internasional yang ke-11, yang digelar di Lumina University, Bucharest, Romania. Kecemasan saya berlangsung agak lama juga, karena tidak ada biro travel yang bisa membantu saya untuk mengurus aplikasi visa. Dengan keberanian dan niat baik karena Allah yang maha kuasa, penjamin saya. Aknirnya hari Jumat malam jam 11 saya ikut rombongan SMAGA yang sedianya akan studi banding ke SMA 28 dan SMA 3 Jakarta. Kenekatan saya berbuah manis, karena hari Kamis, 9 Mei 2013, petugas kedutaan besar Romania menelepon saya dan memberitahukan bahwa visa kami sudah bisa diambil.

Hari itu juga saya putuskan untuk memesan tiket ke Jakarta. Meskipun saya baru berada di kampung, tapi Alhamdulillah akses informasi tidak menghalangi saya untuk mendapatkan tiket bus menuju ke Jakarta. Saya hanya singgah sebentar di rumah orang tua, dan jam 15:30 WIB saya bertolak ke Jakarta dari Purwodadi. Setibanya saya di Jakarta saya tidak bisa tenang, karna tiket yang saya pesan sudah kadaluwarsa dan saya harus memesan yang baru. Karena di tempat saya memesan tiket yang terdahulu susah sekali saya hubungi, akhirnya saya putuskan untuk membeli tiket di biro yang lainnya. Alhamdulillah petugas di tempat yang baru ini percaya saja dengan janji saya. Dan hari Sabtu, 12 Mei 2013, sesuai dengan janji saya dengan petugas biro travel tersebut saya lunasi 3 tiket ke Bucharest, Romania pulang pergi. Tetapi saya masih belum bisa tenang karena tiket tujuan Semarang-Jakarta belum saya beli, akhirnya sepulang dari tempat saya membeli tiket penerbangan internasional saya putuskan untuk ke kantor pemasaran Garuda yang dekat dengan SMAGA. Wal hasli saya mendapatkan 3 tiket tujuan Semarang-Jakarta PP yang sesuai dengan tiket internasionalnya.

Dan Alhamdulillah hari Selasa, 14 Mei kami terbang dari bandara Ahmad Yani menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. Ini menjadi pengalaman pertama bari salah satu siswa saya naik pesawat. Dia senangnya bukan main. Selasa malam jam 18:10 WIB kami boarding menuju ke Bucharest, Romania via KLM. Akhirnya hari Rabu, 15 Mei waktu Bucharest, tepat jam 14:10 kami mendarat, Bandara Henri Coanda, Otopeni, Bucharest Romania.

Untuk cerita selanjutnya akan saya tulis lagi di note yang lain supaya tidak terlalu panjang. Saya akan tuliskan bagaimana caranya hingga saya dan kedua siswa saya dari SMAGA Semarang bisa pulang membawa emas dan nama harum Indonesia di Eropa Tenggara ini.

Komentar