Lakukan Perjalan Dan Dapatkan Pengalaman Yang Bermanfaat

Dengan melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain akan memberikan sebuah pengalaman baru, minimal suasana dan pemandangan yang berbeda dari yang biasa dilihat. Menjadikan setiap momen perjalanan sebagai sarana untuk menambah pengetahuan melalui pandangan mata, dialog dengan orang baru, dan sensasi di tempat yang baru. Di setiap perjalanan ada saja hal yang berbeda dari sebelumnya. Setidaknya pandangan, pikiran, dan sikap akan mengalami perubahan. Yang tadinya awam, tidak tahu menjadi tahu, paham akan artinya sesuatu pertemuan di sebuah perjalanan. Bertemu dengan tempat dan lokasi yang mungkin sama namun serasa berbeda.
Karena sesungguhnya perjalanan itu mengajarkan kita akan arti perjuangan dari satu langkah ke langkah berikutnya. Perjalanan dari satu tempat ke tempat lain yang bisa jadi memimilki kenangan, dan arti tersendiri dalam memori. Bersyukur dari sejak usia SMP, diriku sudah dididik dan dibiasakan orang tua hidup di tempat yang sama sekali baru dan berbeda dari tempat aku dilahirkan. Mungkin tidaklah penting dimana aku dilahirkan, tetapi bagaimana aku mampu melewati masa-masa dimana aku berjalan menuntaskan perjuanganku menempuh pendidikan di bangku SMP hingga sekarang, berhadil menyandang gelar Master. Pengalaman yang aku dapatkan dari tahun 1991 sejak aku lulus pendidikan dasar mengajariku bahwa hidup itu bukanlah sekedar mengejar mimpi agar menjadi hebat tetapi hidup itu memang untuk dijalani.
Melalui perjalanan yang berbeda benua juga pernah aku alami. Tepatnya di bulan Mei 2013, pertama kalinya diriku menjejakkan kaki di benua Eropa. Aku yang terlahir dari kampung, sebuah desa terpencil di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah merasa takjub dan bersyukur sekali bisa menjalankan tugas ke benua Eropa, tepatnya di Kota Buchares Romania bersama dua siswa bimbinganku yang berhasil meraih prestasi di bidang penelitian informatika dan komputer untuk kategori Programming di ajang INFOMATRIX ROMANIA tahun 2013.



Komentar